15 Persen Hewan Kurban di Jabar Belum Cukup Umur dan Sakit

15 Persen Hewan Kurban di Jabar Belum Cukup Umur dan Sakit – Dinas Ketahanan Pangan serta Peternakan (DKPP) menyebutkan 15 % hewan yg di jual pedagang di 11 kabupaten kota di Ja-bar tdk laik kurban. Hewan kurban itu belum juga cukuplah usia serta sakit.

Staf DKPP Ja-bar Fatiah Isbi menuturkan pihaknya telah periksa sekitar 36. 604 ekor sapi, kambing serta domba. Dari jumlahnya itu, cuma 30. 321 ekor hewan yg laik kurban.

” Sampai siang hari ini baru ada 11 kabupaten serta kota yg masuk datanya serta yg wajar cuma 84 % lebih ” kata Fatiah kala dijumpai selesai sidak di salah satunya pedagang hewan kurban di Tasikmalaya, Senin (20/8/2018).

Ia memaparkan dalam sidak yg berjalan di Tasikmalaya hari ini, pada umumnya hewan ternak yg di jual sehat. Tetapi petugas mengalami beberapa sapi terluka dibagian hidung sampai mata.

Menurut dia luka-luka pada hewan kurban itu disebabkan tali tambang pengikat terlampau kuat serta bentrokan diperjalanan kala sapi dialirkan. Gak cuma itu, tempat penjualan ternak juga tdk terbangun kebersihanya sampai kotoran melekat di kulit sapi.

Belum pula, tempat ternak sapi yg berhimpitan juga dipandang gak laik buat jualan. Di banyak tempat, pedagang tdk dapat perlihatkan surat sehat hewan sapi dengan argumen disimpan di kendaraan.

” Yah disebut wajar nggak juga sebab tempatnya mirip ini yah, sapi juga terlampau rapat berhimpitan ini ” jelas dia.

Klik Disini utk Chat Via WA